Selasa, 20 November 2012

Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya


Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya



Perangkat keras komputer biasa dikenal juga hardware komputer merupakan bagian fisik keseluruhan dari komputer. Pada komputer terdapat komponen-komponen yang salah satu bagiannya adalah perangkat keras komputer sebagai bentuk secara fisik yang dapat dilihat dan disentuh keberadaannya dimana terangkai sedemikian rupa menjadi komputer.



Pengertian komputer secara sederhana yaitu penggabungan dari alat elektronik yang bekerjasama dengan terkoordinasi oleh kontrol program hasilnya memiliki fungsi dan kemampuan tertentu. Kemampuan dari komputer itu sendiri pada dasarnya adalah mampu menerima data dan setelah itu dapat mengolah data tersebut sedemikian rupa lalu akan dihasilkan informasi sebagai output.

Berikut akan weblog jelaskan dengan lengkap perangkat keras komputer disertai gambar dan fungsinya agar lebih mudah dalam memahami dari banyaknya macam-macam perangkat keras (hardware) komputer. Dalam memudahkan mempelajari dan mengenal berbagai perangkat keras pada komputer maka di buatkan penggolongan hardware komputer berdasarkan :
Input Device (Perangkat Masukan)
Process Device (Perangkat Pemrosesan)
Output Device (Perangkat Keluaran)
Storage Device (Perangkat Penyimpanan)
Periferal (Perangkat Tambahan)
Penjelasan lebih detail mengenai setiap Perangkat Keras Komputer (Hardware Komputer) disertai Gambar dan Fungsi maupun Macam-macamnya dari penggolongan yang telah disebutkan diatas bisa menyimak lebih lanjut dibawah ini.

Input Device (Perangkat Masukan)



Input Device merupakan perangkat-perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, sebagai contoh input device yaitu keyboard, mouse, touchpad, touch screen, light pen, joy stick, games paddle, barcode, digitizer, scanner, sensor dan voice recognizer.

Process Device (Perangkat Pemrosesan)

Central Procesing Unit (CPU)



Central Procesing Unit (CPU) atau yang lebih dikenal dengan nama Prosesor adalah perangkat keras komputer yang sangat penting dalam memahami dan melaksanakan perintah dari perangkat lunak.

Memori - Random Access Memory (RAM)



Memori merupakan media penyimpanan data sementara pada komputer, memori bertugas dalam jangka pendek atau sekedar transit data dalam menyimpan data sehingga komputer tidak perlu selalu akses langsung ke harddisk dalam mencari dan mengolah data, maka dari itu besarnya RAM menentukan dan membantu kecepatan dari komputer.

Video Graphic Array - VGA Card (Kartu Grafis)



VGA Card merupakan kartu ekspansi dalam menciptakan dan menampilkan tampilan di layar monitor, pada saat sekarang ini pada motherboard biasanya sudah tersedia VGA onboard sehingga tidak diperlukan lagi VGA Card namun untuk memiliki kualitas yang baik dan juga untuk menghubungkan kebeberapa layar monitor tentu perlu ditambahkan VGA Card yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Motherboard (Papan Induk)



Motherboard biasa disingkat Mobo merupakan sebuah papan sirkuit utama tempat berbagai komponen elektronik (Prosesor, Memori, Slot VGA) saling terhubung yang memiliki chip bios, jalur-jalur dan juga konektor sebagai penghubung dari masing-masing perangkat yang terpasang.

Power Supply Unit (PSU)

Power Supply merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai penghantar arus listrik atau daya, kontrol voltase kepada perangkat keras komputer.

Casing Unit



Casing Unit merupakan wadah atau tempat untuk menempatkan beberapa perangkat utama komputer seperti motherboard, VGA Card, Prosesor dan beberapa perangkat yang lainnya termasuk Power Supply.

Output Device (Perangkat Keluaran)



Output Device merupakan perangkat-perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk menghasilkan keluaran baik berupa hardcopy (di cetak di kertas) atau softcopy (ke layar monitor) dan juga keluaran berupa suara. Sebagai contoh yang termasuk output device yaitu printer (dot matrix, inkjet printer, printer laser), video display (monitor), flat panel display (Liquid Crystal Dispaly), Speaker dan masih banyak lagi.

Monitor / Screen Monitor

Monitor (Visual Display Unit) adalah media sebagai sarana dalam menampilkan apa saja yang kita lakukan dengan komputer seperti mengetik di papan keyboard yang setelah itu diolah dan ditampilkan pada monitor.

Storage Device (Perangkat Penyimpanan)



Storage Device adalah media sebagai penyimpanan data, beberapa diantaranya yaitu :
Harddisk media yang berfungsi sebagai alat booting dan juga menyimpan data.
DVD/CD-ROM merupakan media penyimpanan dalam bentuk kepingan cakram dengan menggunakan DVD-RW/CD-RW drive.
Floopydisk atau disket termasuk media penyimpanan data dengan kapasitas yang kecil dan saat ini jarang sekali digunakan, sebagaian digunakan hanya sebagai alat bantu dalam installasi dan booting beberapa Motherboard tertentu.
Flashdisk merupakan media penyimpanan eksternal yang saat ini paling banyak digunakan karena bentuknya yang kecil dan mudah dibawa dengan kemampuan penyimpanan yang cukup besar.

Periferal (Perangkat Tambahan)

Network Interface Card - NIC : LAN Card


Perangkat Keras Komputer yang berfungsi agar komputer dapat terhubung dengan komputer lainnya maka diperlukan sebuah perangkat keras agar mampu terhubung ke jaringan komputer seperti Kartu Jaringan (network interface card - NIC). Dalam merencanakan membentuk suatu jaringan atau dikenal dengan topologi jaringan maka peran dari kartu jaringan adalah penting untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya, namun bila komputer berdiri sendiri alias sekedar dijadikan personal komputer saja maka kebutuhan NIC tidak harus ada. NIC pada saat ini sudah disediakan secara onboard pada motherboard sehingga tidak usah repot lagi untuk membelinya lagi, tetapi untuk keperluan tertentu atau ingin meningkatkan kualitasnya tentulah diperlukan NIC/Lan Car dengan kualitas yang lebih baik lagi.

Perangkat tambahan lainnya seperti modem sebagai alat komunikasi dua arah, dimana modem saat ini lebih mengarah kepada alat yang digunakan untuk terhubung ke komputer secara global yang biasa kita menyebut dengan internet, dimana pengertian internet secara umum merupakan jaringan terbesar dari komputer yang dari sana dapat saling akses dan juga bertukar data informasi.

Berbagai Perangkat Keras Komputer (Hardware) Gambar Fungsi dan Macamnya seperti yang telah disebutkan diatas sebenarnya masih banyak lagi dan akan terus bertambah seiring kemajuan dan juga perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi dimana tentunya disesuaikan dengan kebutuhan manusia dalam meningkatkan produktifitasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar